Menghirup Aroma Kopi Ternyata Bisa Dapat Manfaat Ini

Aktualjambi.com – Selain mengonsumsinya, ternyata hanya dengan menghirup aroma kopi saja bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut penjelasannya!

Kopi dikenal sebagai minuman yang memiliki aroma kuat dan harum. Siapapun pasti mengetahui seperti apa aroma kopi, bahkan belum diseduh saja aromanya sudah semerbak.

Minuman bercita rasa pahit ini diketahui menyimpan beragam manfaat sehat. Ternyata tak hanya mengonsumsinya saja, tapi menghirup aromanya juga bisa merasakan manfaat dari kopi.

Dilansir dari Huff Post (14/7), menghirup aroma kopi sudah dapat memberikan beberapa manfaat. Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 2019.

Studi tersebut menemukan bahwa menghirup aroma biji kopi saja dapat meningkatkan fokus. Aroma kopi ini juga dapat meningkatkan daya ingat para peserta penelitian.

Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology di Amerika Serikat menjelaskan, “Tak hanya dari kopi, tapi aromanya juga membantu orang bekerja lebih baik dalam tugas analitik.”

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology, tim peneliti memberikan 10 pertanyaan tes aljabar GMAT di laboratorium komputer kepada sekitar 100 mahasiswa bisnis sarjana.

Para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengambil tes di hadapan aroma mirip kopi, sementara kelompok kontrol mengambil tes yang sama tapi di dalam ruangan tanpa wewangian.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok di ruangan yang berbau kopi mendapat skor yang jauh lebih tinggi pada tes tersebut.

Selain manfaat dari menghirup aroma kopi, perhatikan juga batas aman mengonsumsi kopi. Menurut ahli gizi Victoria Taylor di British Heart Foundation, empat hingga lima cangkir kopi per hari sudah cukup.

Namun, pada setiap orang bisa berbeda tergantung tingkat toleransinya terhadap kafein. Kalau intoleransi, bisa memilih kopi tanpa kafein atau kopi decaf.

Baca artikel detikfood, “Menghirup Aroma Kopi Ternyata Bisa Dapat Manfaat Ini” selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-6825128/menghirup-aroma-kopi-ternyata-bisa-dapat-manfaat-ini.

Editor : Amin